Galery Gambar

FOTO GEDUNG

Minggu, 06 Mei 2012

Gathering Bidan

RS PKU MUHAMMADIYAH GOMBONG - Guna menekan angka kematian ibu dan bayi, RS PKU Muhammadiyah Gombong menggelar acara gathering dengan para bidan, baru baru ini. Kegiatan yang berlangsung di Stikes Muhammadiyah Gombong yang satu komplek dengan RS PKU Muhammadiyah Gombong itu di hadiri oleh sekitar 175 bidan di Kebumen dan sekitarnya.
Para bidan sangat antusias menyimak materi yang disampaikan oleh para pembicara yakni dr Hj Wiwiek Widyaningsih Sp.OG yang merupakan dokter spesialis Kebidanan dan Kandungan RS PKU Gombong dan dr H Prasetyo Wijayanto Sp.A dokter spesialis anak yang berpraktik di RS PKU GOmbong juga. Dalam gathering itu para menularkan ilmu terbaru yang mereka peroleh kepada para bidan yang hadir.
Gathering tersebut adalah sekaligus untuk mensosialisasikan Pelayanan Obstetri Neonatal Emergency Komprehensif (PONEK) Rumah sakit dengan pelayanan PONEK adalah rumah sakit yang mempunyai kemampuan dalam memberikan pelayanan obstetri (kebidanan) dan bayi baru lahir emergency komprhensif.
Direktur RS PKU Muhammadiyah Gombong dr. H. MS luigi Kusuma mengatakan, PKU Gombong merupakan rumah sakit swasta pertama yang telah mendapatkan ijin dari pemerintah untuk melaksanakan pelayanan PONEK di Kebumen. RS PKU GOmbong juga rumah sakit pertama di Jateng bahkan mungkin se Indonesia yang di perbolehkan untuk melaksanakan program PONEK.
"Kami berkomitmen dan berupaya untuk ikut partisipasi dalam program pemerintah dalam menurunkan angka kematian ibu dan bayi yang sekarang ini masih cukup tinggi," ujar dr. H. MS Luigi Kusuma dalam sambutannya.

PROGRAM 6 BULAN
Ketua Panitia dr. Mardiati Rahayu menyatakan, sosialisasi PONEK kepada para bidan tidak hanya cukup sekali ini saja. Tetapi akan diprogramkan setiap enam bulan sekali untuk diadakan acara yang sama. Pihaknya akan mengundang bidan-bidan baik yang berada di wilayah Kabupaten Kebumen maupun yang di luar Kabupaten Kebumen seperti Banyumas dan sekitarnya.
" PKU Gombong juga pernah ikut serta dalam pelatihan PONEK selama semingggu di semarang. Timnya terdiri dari dokter spesialis kandungan, bidan dan perawat. " ujarnya dokter Atik.
Dalam kesempatan itu juga disosialisasikan program pelayanan Jampersal oleh dr. Hj Nur Hidayani sebagai penanggungjawab Askes di PKU Gombong.
Dia memberikan arahan mengenai berbagai kemudahan dalam pelayanan Jampersal di RS PKU GOmbong. Disebutkan bahwa pelayanan Jampersal tidak mengenal batas wilayah.
" Artinya jika ada seorang ibu yang tinggal di cilacap atau Purworejo yang kebetulan berada di Kebumen dan akan melahirkan di RS PKU Muhammadiyah Gombong, mereka akan tetap mendapatkan layanan Jampersal asalkan memenuhi persyaratan administrasi," ujarnya.















Tidak ada komentar:

Posting Komentar