Galery Gambar

FOTO GEDUNG

Minggu, 04 Desember 2011

233 Penderita Katarak Ikuti Screening Untuk Operasi Katarak Gratis Di RS PKU Muhammadiyah Gombong

Guna mengurangi jumlah penderita penyakit katarak, Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gombong akan menggelar operasi mata katarak massal gratis, Minggu (4/12). Kegiatan tersebut terlaksana atas kerjasama dengan Persatuan Dokter Ahli Mata Seluruh Indonesia (Perdami) Yogyakarta.
Sebanyak 233 pasien telah mendaftar pada operasi yang digelar periodik itu. Mereka berasal dari sejumlah daerah seeprti Kebumen, Purworejo, Banjarnegara, Cilacap dan Banyumas. Bahkan ada pula pasien asal Surakarta yang mendaftar untuk mengikuti operasi tersebut. Pasien termuda berusia 12 tahun dan yang tertua berusia 70 tahun.
Direktur Rumah Sakit PKU Gombong dr MS Luigi Kusuma mengatakan, operasi katarak tersebut sekaligus dalam rangkaian kegiatan peringatan Milad Muhammadiyah ke-102 tahun.
Nantinya, para pasien akan dioperasi di Instalasi Bedah Sentral RS PKU Gombong. Adapun operasi akan dilakukan oleh 17 dokter spesialis mata dari Perdami Yogyakarta, dengan dipimpin oleh Ketua Perdami Yogyakarta Prof Dr H Suhardjo SU Sp M
"Besok pasien yang mendaftar akan mengikuti screening untuk mengetahui apakah yang penyakit diderita merupakan katarak atau bukan. Jika katarak, dipastikan apakah sudah bisa dioperasi atau belum," ujar dr Luigi Kusuma kepada Suara Merdeka, Jumat (2/12).
Dokter Luigi Kusuma menambahkan, kegiatan itu sekaligus mendukung program pemerintah untuk terus menurunkan angka kebutaan di Indoensia. Pasalnya penyakit katarakter setiap tahun meningkat jumlahnya. Melalui operasi katarak ini diharapkan penderita katarak yang kurang mampu bisa sembuh setelah dilakukan operasi.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar